Minggu, 09 Juni 2013

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Beberapa langkah sederhana untuk menjaga kesehatan Gigi:


gigi sehat
1. Menyikat gigi dua kali sehari

Syarat utama kesehatan mulut yang baik adalah gigi bersih. Menyikat di pagi hari adalah untuk kebersihan, sedangkan menyikat gigi di malam demi kesehatan. Menggunakan sikat gigi yang
lembut-berbulu akan membantu menjaga kebersihan mulut. Bilas mulut sehabis makan untuk menghindari partikel makanan menempel di antara gigi dan gusi merusak.


2. Teknik menyikat
Gunakan teknik yang benar untuk menyikat, yaitu gerakan bolak balik atas dan bawah, membersihkan dalam dan menyikat permukaan gigi. Ganti kuas setiap 3-4 bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi yang baik. Taruh sikat gigi Anda dalam posisi tegak setelah pengeringan udara.

4. Bersihkan lidah
Jangan lupa untuk membersihkan lidah Anda. Lebih baik gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Pembersih lidah sering menyebabkan goresan dan pendarahan di lidah.

5. Batasi penggunaan fluoride
Pasta gigi dan cairan pencuci mulut banyak mengandung fluoride. Fluoride memperkuat enamel dan membuatnya kurang rentan terhadap pembusukan. Namun penggunaan fuoride yang terlalu banyak dapat menyebabkan bintik-bintik putih pada gigi.

gigi
6. Floss harian
Menyikat saja tidak akan menjamin kesehatan gigi yang baik. Gunakan benang untuk membersihkan sela-sela gigi adalah penting. Tarik benang dari garis gusi ke puncak gigi untuk menghilangkan plak. Bersihkan setiap sisinya. Gunakan benang baru setiap waktu untuk menjaga kebersihan mulut.

7. Makanan sehat
Diet seimbang termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah, sayuran dan produk susu akan memberikan nutrisi penting dan dapat mengurangi radang gusi. Hindari makanan yang mengandung gula berlebihan. Bakteri dalam mulut memecah gula dan menghasilkan asam yang dapat mengikis enamel gigi. Minuman bergula dan permen karet dapat meningkatkan kadar asam yang memicu bau mulut.

8. Teratur periksa mulut
Periksa setiap temuan yang tidak biasa seperti bau mulut, perdarahan atau perubahan warna pada gusi atau gigi. Perdarahan saat menyikat atau flossing perlu diperhatikan karena bisa disebabkan infeksi gusi.

9. Berhenti merokok
Hentikan penggunaan tembakau karena menyebabkan gigi bernoda, infeksi gusi dan nafas berbau tak sedap. Tembakau juga dapat meningkatkan risiko penyakit gusi dan kanker mulut.

gigi
10. Merawat gigi anak
Segera mulai setelah gigi pertama keluar. Anda dapat membersihkan gigi mereka dengan kain bersih yang lembab. Saat berusia dua tahun, ajari menyikat sendiri di bawah pengawasan. Jangan gunakan terlalu banyak fluorida untuk anak-anak.

11. Buatlah janji
Cek gigi setiap enam bulan sekali sangat dianjurkan untuk semua, terutama jika Anda memiliki masalah gigi atau penyakit gusi. Langkah ini akan membantu mendiagnosa dan mengobati pada tahap awal. Kesehatan mulut yang baik merupakan investasi dalam kesehatan secara keseluruhan dan akan membuat senyum lebih indah.


Note:
menyikat gigi setelah makan dapat menyebabkan korosi gigi sehingga menyebabkan gigi mereka dapat membusuk sendiri.
disarankan agar menggosok gigi dilakukan paling tidak sejam setelah aktivitas makan dan minum. Atau jika mendesak, tunggu sampai 30 menit berlalu setelah suap terakhir untuk menghindari
efek negatif dari gigi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar